Category Archives: Life

First Post in 2017

19055267_871988229623657_6469446374411886453_o[1]

Kita gak bisa nebak masa depan. Tapi sesusah apapun hidup, kita tetap harus berjuang…

Hai! Jadi ini postingan pertamaku di blog untuk tahun 2017 setelah hiatus entah berapa lama. Alasanku untuk hiatus waktu yang cukup lama adalah karena aku sedang sibuk sekolah. Nilaiku sempat jelek banget karena terlalu sibuk ngeblog, yaudah akhirnya aku stop ngeblog dulu buat fokus belajar. Tahun ini aku udah lulus SMA dengan nilai yang lumayan lah. Dan hari ini, 13 Juni 2017 adalah hari pengumuman SBMPTN. Setelah berjuang menghadapi server web SBMPTN yang sempat macet, akhirnya aku bisa ngeliat di web SBMPTN kalo aku ketrima di prodi pilihan ketiga, tapi kayaknya nggak aku ambil. Soalnya aku gak begitu sreg kalo disuruh masuk di jurusan ini. Aku sebelumnya sudah ketrima di D4 Teknik Informatika di suatu politeknik negeri dan mungkin itu yang mau aku ambil. Dari dulu aku tuh udah ngebet banget masuk teknik karena bapak juga seorang insinyur. Menurutku jadi insinyur itu keren banget, dan aku nulis FTSL ITB di pilihan pertama dan teknik sipil UB di pilihan kedua waktu daftar SBMPTN tapi kayaknya otakku gak begitu memadai buat bisa masuk teknik sipil jadi aku akhirnya dapet pilihan ketiga. Sebenarnya sedih juga sih, karena sebelumnya udah keseringan bayangin kalo nantinya hidup di Asrama Bumi Ganesha tuh gimana, keseharian sebagai mahasiswi ITB, dan sebagainya. Tapi sayangnya impian itu gak bisa jadi kenyataan. Sebenarnya dilema juga sih, enaknya aku kuliah di politeknik selama 1 tahun sambil nunggu SBMPTN tahun depan apa tetep kuliah aja di politeknik selama 4 tahun sampe lulus. Kalo misal aku ketrima SBMPTN tahun depan dan politekniknya aku lepas, kasian ortu yang udah ngabisin banyak uang buat aku daftar kuliah. Tapi sebenarnya dari dulu aku pengen pengen pengen pengeeeeen banget bisa masuk ITB.

Aku belajar mati-matian selama SMA kelas 12 sampe gak tidur tiap malem tuh karena saking pengennya masuk ITB. Sampe akhirnya aku bisa dapet rank 2 paralel satu sekolahan waktu pengumuman UNBK tuh karena mimpi lamaku akan ITB yang sulit memudar. ITB bikin aku semangat banget belajar. Tapi sayang sih nilai UN matematikaku dapat jelek :’) Sejak dulu aku emang gak pernah pinter MTK. Aku paling gak bisa integral, diferensial, dan trigonometri yang rumusnya luar biasa banyak sampe gak muat di otakku. Mungkin aku gak cocok masuk teknik, tapi aku mau kerja keras meskipun gak pinter :’) Aku mau belajar matematika dari awal banget sampe bisa. Aku pengen jadi mahasiswi teknik sipil tapi apa daya. Tapi ya udahlah. Sebenernya aku mau ada rencana beli voucher Zenius buat ngejar SBMPTN tahun depan sambil tetep kuliah di politeknik. Tapi kayaknya itu mustahil untuk dilakukan. Dulu aku ingat, aku pernah daftar di sebuah SMA favorit di daerah tempat aku tinggal. Tapi aku gak ketrima dan mantanku ketrima :’) Terus tahun ini juga sama, aku dan mantanku sama-sama daftar ITB tapi aku gak ketrima dan dia ketrima :’) Apa Tuhan sebegitu cemburunya ketika melihatku masih kangen sama mantanku sampe masalah sekolah dan kuliah pun kita harus terpisahkan untuk selamanya :’) Atau mungkin aku emang bodoh banget sampe gak bisa ketrima di ITB :’) Mungkin aku suka terlalu terobsesi sama mantan makanya Tuhan cemburu. Beberapa jenis mantan emang susah dilupakan, tapi Tuhan jelas jauh lebih penting daripada mantan. Sebenernya aku udah gak suka lagi sih sama mantanku, tapi kadang aku masih pengen ngejar kepinterannya dia yang emang dari kecil udah pinter. Dia sering kujadiin motivasi biar semangat belajar karena dia pinter banget dan aku pengen banget bisa lebih pinter dari dia. Kadang aku mikir, aku pengen kuliah ke ITB tuh karena emang pengen kuliah ke sana atau cuma pengen ngejar mantan yang udah pasti ketrima di sana. Tapi ternyata nyari jawaban dari pertanyaan itu sulit juga. Harusnya jawabannya ada dalam diri aku sendiri, tapi nyarinya ternyata cukup susah.

Aku belajar banyak hal tentang mencintai diri sendiri selama hiatus ini. Mungkin gak seharusnya aku punya pacar setidaknya sampe lulus kuliah meskipun ibu mewanti-wanti agar aku langsung nikah setelah lulus kuliah. Tapi aku bener-bener gak cocok buat pacaran. Hahaha, kenapa tadi awalnya ngomongin SBMPTN sekarang malah ngomongin masalah mantan dan pacaran ya? Yaudah, aku pengen ngomongin hal lain aja. Jadi karena setelah ini aku akan kuliah di politeknik, aku khawatir sama schedule-nya yang padat banget dan aku kebetulan orang yang gampang capek. Katanya kuliah di politeknik tuh kayak sekolah dan ada kelas-kelasnya. Berangkat pagi jam 7, pulangnya sore kayak anak SMA. Jadwal kuliah full dari Senin-Jum’at. Apalagi rencananya aku juga mau ikut organisasi karena khawatir kalo gak ikut organisasi nantinya gak ada yang bisa ditulis di CV buat ngelamar kerja. Sebenarnya aku tuh gak suka keramaian. Jatohnya setengah hati juga ‘kan kalo mau ikut organisasi yang udah jelas rame karena banyak anggotanya. Dan kalo ikut rapat-rapat organisasi tuh aku suka capek. Tapi bapak bilang kalo emang serius pengen kuliah teknik harus mau ngorbanin waktu. Ya udah. Sebenernya aku seneng aja sih dikelilingin cowok-cowok di fakultas teknik daripada punya temen cewek karena jujur, aku suka gak nyambung kalo ngobrol sama cewek meskipun aku sendiri cewek. Aneh ya? Hehehehe. Moga-moga aja sih di politeknik nanti sesuai ekspektasi dan cowok-cowoknya baik-baik meskipun nantinya pasti dekil-dekil karena namanya juga fakultas teknik. Tapi jujur aku lebih suka cowok yang dekil tapi rajin kerja daripada cowok yang wangi dan pake pomade. Mereka keliatan lebih real aja sebagai cowok daripada yang pake pomade. Menurutku cowok yang pake pomade itu genit banget karena suka berdandan biar keliatan ganteng. Nah lho ngomongin cowok lagi ‘kan hahahaha. Yah semoga saja aku kuat dan survive waktu kuliah nanti. Aku juga bakalan ngekos, jadi nantinya bakal ngurus semuanya sendiri. Keliatannya berat sih karena harus jauh dari ortu, tapi harus dijalani karena dulu ortu dan kakakku waktu kuliah juga pernah ngekos. Yah harapannya bisa enjoy lah.

Bapak dan ibu sempet nangis denger aku lolos SBMPTN dan SB-UMPN. Padahal aku yang tahu pengumuman SBMPTN dan SB-UMPN lebih dulu aja gak nangis dan biasa aja. Tapi mereka berdua nangis waktu kubilangin kalo aku lolos dan aku langsung nangis di kamar mandi setelah ngeliat mereka nangis karena gak mau mereka tahu kalo aku sedih. Bapak dan ibu nangisnya bahagia karena pada akhirnya aku dapat kuliah setelah ditolak SNMPTN, sipenmaru Poltekkes, dan SPAN-PTKIN, tapi aku ngerasa aneh aja kenapa mereka berdua sampe bisa nangis padahal aku cuma dapat pilihan ketiga dan politeknik, bukannya ITB atau UB. Temen-temenku ada yang diterima di kedokteran, STAN, STIS, dkk. Aku cuma dapat politeknik dan pilihan ketiga, tapi mereka berdua sampe nangis kayak gitu. Aku jadi sedih banget sumpah dan ngerasa kasian sama mereka. Sebenernya gak ada hal yang bisa dibanggain dari aku buat ortuku, aku lebih sering nyusahin mereka dan aku suka ngehambur-hamburin uang mereka buat les dsb ketika uang itu seharusnya dibuat nabung, ngebangun usaha di masa depan dll dan kadang aku pengen mereka bisa ngepamerin prestasi anaknya ke orang-orang tapi aku gak punya prestasi apa-apa. Bapak dan ibu tuh emang orang-orang yang baik dan jelas mereka diciptakan untuk satu sama lain, tapi entah kenapa kok anaknya kayak gini.

Sumpah pengen nangis kalo udah ngomongin bapak dan ibu. Aku cuma ngerasa kurang aja, masih belum bisa ngebanggain mereka. Seandainya aku ketrima ITB, mereka pasti bangga, tapi aku belajar SBMPTN aja gak total karena masih suka bosen ngeliat materi SBMPTN yang susah-susah. Kukira dengan ngerjain 96 soal dari total 150 soal SBMPTN itu udah cukup buat nembus FTSL, ternyata hidup gak segampang itu. Emang waktu itu aku sombong banget sih. Kalo boleh jujur kalo dibandingin sama camaba-camaba ITB lainnya, usahaku tuh masih kurang banget. Aku cuma punya waktu 2 minggu buat belajar SBMPTN dan selama 2 minggu itu waktu yang kugunain buat bener-bener belajar SBMPTN cuma selama 5 hari karena aku terkena banyak godaan buat nonton boyband Korea di YouTube terutama BTS. Di satu sisi masih pengen ikut SBMPTN tahun depan, tapi di sisi lain aku gak pengen ngorbanin duitnya bapak Rp. 20jt yang udah dipake ngebayar UKT semester 1 & 2 di politeknik kalo misal aku ketrima SBMPTN tahun depan. Tapi di sisi yang lainnya lagi kalo misal aku ketrima ITB, sudah jelas bakal ketemu mantan. Dan Tuhan sepertinya gak suka banget kalo aku ketemu lagi sama mantan. Mungkin emang rejekiku gak ada di ITB. Mungkin aku harus mengubur impianku buat bisa kuliah di ITB. Tuhan bisa saja punya rencana yang lebih baik. Tapi tetep saja aku suka sama semua rencana-Nya Tuhan. Semua rencana-Nya Tuhan itu indah dan Dia lebih tahu apa yang terbaik buat aku. Jadi aku tetep mencoba bersyukur dan gak menyesali apa yang udah terjadi. Aku pengen belajar lebih giat lagi. Aku pengen banget mencoba untuk stop memakai smartphone meskipun kayaknya itu mustahil banget karena aku udah masuk taraf kecanduan gadget, yaah stop main gadget sih supaya bisa fokus belajar. Tapi aku bakal kerja keras…. kali ini bukan buat mantanku atau ITB, tapi cuma buat ortuku.

Aku bener-bener kasian sama mereka dan aku gak pengen ngeliat mereka susah gara-gara aku. Aku pengen lulus 4 tahun ke depan dengan nilai cum laude, terus ngelanjutin kuliah lagi selama setahun biar dapat gelar S1 dan lulus dengan nilai cum laude juga. Kalo bisa dapat beasiswa S2 ke luar negeri hahahaha. Emang ketinggian sih kalo mimpi, tapi daripada kebanyakan mimpi lebih baik langsung kerja keras buat mewujudkannya. Kalo dikasih kesempatan aku juga pengen ngelanjutin S3 terus dapet kerja yang bagus. Tapi pokoknya aku harus tetep usaha. Meskipun aku harus capek. Aku juga pengen gak setengah-setengah kalo nantinya emang harus ikut organisasi di tempat kuliah. Aku juga gak pengen jadi anak manja lagi karena setelah ini aku bakal ngekos sendiri dan harus mandiri tanpa bantuan ortu. Aku cuma pengen berubah jadi lebih baik, meskipun kadang impian gak sesuai kenyataan. Gak ada alasan untuk gak berubah. Semangat!!!! >//////////<

Penyedot Pulsa

Suatu hari, Roy sedang sibuk bermain handphone untuk mengisi kebosanan. Ia sedang browsing di handphone-nya. Ia browsing segala macam hal, mulai dari browsing film-film kesukaannya dan browsing tentang band kesukaannya, Asking Alexandria. Roy memang fans berat hardcore. Sebenarnya pacar Roy, Sherina, kurang menyukai playlist lagu yang disimpan di HP Roy, karena playlist-nya berisi lagu-lagu hardcore. Sherina sendiri sebenarnya adalah penggemar lagu bergenre reggae. Hari ini Roy sama sekali tidak berniat menghubungi Sherina karena dia lagi-lagi bertengkar lagi dengan Roy masalah lagu hardcore. Maka dari itu, mumpung hari ini hari Minggu, Roy menyibukkan dirinya dengan bermalas-malasan dan bermain HP. Roy tidak mencoba mengecek pulsa yang tersisa di HP-nya dan dia tidak menggunakan paket internet, sehingga dia browsing dengan pulsa normal. Tadi pagi dia baru saja mengisi pulsanya di counter.

“Roy!” teriak ibu Roy dari dapur, “ayo sini bantu ibu!” Roy yang sedang enak-enak main HP pun dengan malas-malasan pergi ke dapur dan membantu ibunya memotong bawang merah. Setelah membantu ibunya, Roy kembali ke kamarnya dan bermain HP. Roy lalu browsing kembali di HP-nya. Riwayat browsing-nya sudah terhapus semuanya dari handphone karena Roy memiliki kebiasaan menghapus riwayat browsingnya setiap habis browsing. Tapi Roy tidak bisa melakukan browsing, karena pulsa HP Roy sudah habis. Tetapi Roy sama sekali tidak ingat kalau tadi sebelum ia membantu ibunya di dapur, ia sudah browsing dengan pulsa normal, yang bisa saja dapat menghabiskan pulsanya dalam waktu sekejap.

“Lho? Kenapa gak bisa buat browsing?” gumam Roy. Roy lalu mengecek saldo pulsanya, dan ternyata pulsa Roy hanya tersisa Rp. 6.

“Hah, kenapa pulsanya habis? Aneh, jangan-jangan ada yang nyolong pulsaku nih…” Padahal Roy sendiri yang nyolong pulsa HP-nya.

Lebaran dan Sepeda Motor

Motorcycle---Cartoon-2

Kemarin, Mamat memutuskan untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan bersama temannya, Dodot. Kebetulan saat itu Dodot yang menjadi pengatur jalannya Idul Fitri di lapangan tersebut. Ketika ia masuk ke lapangan tempat diselenggarakannya shalat Idul Fitri, Mamat langsung terheran-heran. Semua orang di tempat itu tidak menggunakan sajadah untuk sembahyang. Khutbah yang dilakukan pada saat Idul Fitri pun tidak memakai microphone. Maka Mamat bertanya kepada Dodot.

“Dot, kenapa semua orang di sini sembahyangnya di atas tanah, bukannya di atas sajadah?” tanya Mamat.

“Yaa, karena di zaman Nabi Muhammad dulu, umat muslim memang sembahyangnya di atas tanah, bukannya di atas sajadah.” jawab Dodot.

“Terus kenapa khutbah-nya tidak pakai microphone?”

“Ya, karena di zaman Nabi Muhammad dulu, khutbah Idul Fitri-nya tidak memakai pengeras suara.”

Sepulang dari shalat Idul Fitri, Mamat melihat Dodot pulang ke rumahnya dengan sepeda motor. Dalam hati Mamat menggumam, “Kenapa Dodot enggak sekalian pakai unta saja kalau mau pulang…”

Protected: Liburan Kenaikan Kelas 2013

This content is password protected. To view it please enter your password below:

SKP

Sumber: theblacksphere.net

Sumber: theblacksphere.net

SKP. Sudah kenyang, pulang.

Dulu, waktu saya masih kecil, orangtua saya suka mengajak saya dan saudara-saudara kandung saya ke acara pernikahan. Di sana, saya dan saudara-saudara suka bermain-main dan duduk diam mendengarkan percakapan orangtua kami dengan orangtua kedua mempelai yang sedang menikah.

Tapi ada masa dimana ayah saya tiba-tiba marah sekali. Suatu saat, saya, saudara-saudara saya, ibu, dan ayah saya sedang travelling di Malang. Kami memilih travelling ke Malang karena di sana kebetulan juga ada acara pernikahan teman ayah. Setelah puas travelling, mobil kami pun melaju menuju lokasi pernikahan teman ayah. Tapi entah kenapa saat itu ayah saya tiba-tiba marah sekali. Ayah melarang kami ikut ayah dan ibu ke acara pernikahan. Kami bertiga sangat bingung. Apalagi melihat ekspresi ayah marah-marah, membuat kami sedikit takut.

Ternyata ayah kami melarang kami mengikuti acara pernikahan karena ada teman ayah yang bilang kalo orangtua kami suka membawa kami bertiga ke acara kondangan supaya kami kenyang.

Kasar amat.

Ibu yang bilang ke kami tentang hal itu.

Akhirnya sejak saat itu kami bertiga tidak pernah mendatangi acara pernikahan lagi.

Kalaupun ibu mau ngajak anak-anak, pasti ibu pilih satu. Mungkin aku, mungkin kakak, mungkin dedek.

Sekarang kami bertiga udah besar-besar, jadinya kalo diajak ke acara kondangan gitu malah males semua haha.

Saya enggak tahu kenapa waktu itu ayah bisa marah banget. Kami sebenernya dulu juga engga tahu apa-apa, karena waktu itu kami masih kecil. Yang kami tahu dulu ‘kan cuma main-main, masalah makan atau enggak itu bukan masalah besar buat kami bertiga.

Emang yang namanya masalah makan itu masalah sensitif.

Waktu dulu saya masih mengaji, saya suka memperhatikan orang yang datang ke pengajian hanya untuk dapat makanan atau supaya dapat nasi kotak. Sering banget ketemu orang-orang yang seperti itu. Dulu saya pernah lihat ibu-ibu setengah baya yang wajahnya kayak orang Arab gitu lah sama anaknya yang cewek mereka udah dapat nasi kotak masing-masing satu sepulangnya dari pengajian namun si ibu ini minta satu nasi kotak lagi buat suaminya. Katanya suaminya belum dapat nasi kotak, kalo gak salah si ibu ini minta nasi kotak lagi karena suaminya udah pulang duluan dari pengajian. Tapi panitia pengajian enggak mau ngasih nasi kotaknya buat si ibu-ibu. ‘Kan bisa jadi suami si ibu ini ternyata engga datang ke pengajian, makanya panitia enggak mau kasih nasi kotaknya buat ibu-ibu tadi. Ibu-ibu tadi emang keliatan agresif banget waktu mau minta nasi kotaknya ke panitia, rada maksa-maksa gimana gitu. Di mata saya entah kenapa momen itu terlihat mengerikan banget.

Kado Ulang Tahun

       gift-package

     Ah, besok kau ulang tahun. Kau. Iya, kau yang lucu dan menggemaskan itu. Sudah lama sekali aku tidak bertemu denganmu. 2 hari? Yeah, kau pasti sedang sibuk menyusun novel debutmu. Kau, si calon penulis itu. Hm… Aku ingin sekali memberimu kado ulang tahun. Kau tahu, kau sama sekali tidak pernah memberiku kado ulang tahun. Setiap kali aku ulang tahun, kau hanya memberiku ucapan selamat ulang tahun yang datar dan itu menyebalkan sekali. Aku tahu, kau sebenarnya selalu ingin memberiku kado ulang tahun. Tapi kau selalu tidak pernah mau berbuat baik duluan. Baiklah. Kau memang rumit. Tapi aku mencintaimu. Sangat. Dan hari ini aku berniat mencari kado ulang tahun terbaik untukmu. Kau—si calon penulis itu. Sejak kecil kau sangat suka menulis. Kau ingin sekali menjadi penulis. Karenanya, aku akan membelikanmu kertas dan tinta. Aku membeli empat kodi kertas dan setengah lusin tinta. Aku lalu membawa pulang kadomu yang akan kuberikan padamu. Aku membayangkan reaksimu melihat kado yang kuberikan kepadamu. Kau pasti marah dan membuang kadoku di tengah hujan. Di tengah hujan? Ha, dramatis sekali. Kurasa aku takut membayangkan reaksimu. Kau tahu, kau selalu membuatku takut. Kau memang membingungkan.

***

Astaga, aku bangun kesiangan! Aku harus segera memberikan kado ulang tahun untuk Andre! Aku langsung mencuci wajahku, menyikat gigi, dan berganti pakaian. Aku lalu menyambar kado ulang tahun Andre yang belum sempat kubungkus. Aku benar-benar lupa untuk membungkus kado ulang tahun Andre. Aku melihat jam tanganku. Jam menunjukkan pukul 10 pagi. Biasanya sih, jam segini Andre berada di kafe kesukaannya, kafe Red Heart. Pagi ini benar-benar mendung. Kebetulan rumahku dengan kafe tempat Andre biasa nongkrong sendirian dekat, jadi aku berjalan kaki. Tiba-tiba hujan turun. Deras sekali. Aku lupa membawa payung. Aku mendekap kado-kado untuk Andre dengan erat supaya tidak kehujanan. Sesampainya di kafe, aku melihat Andre. Dia sedang duduk di depan laptopnya. Tapi, tunggu… siapa itu? Siapa gadis yang duduk di sebelah Andre? Aku mencoba melihat gadis itu lebih dekat. Tapi aku tidak mengenali gadis itu.

“Sayang…” panggil gadis itu kepada Andre.

“Hm…” Andre menatap gadis itu dengan sayu. Mata Andre lalu kembali mengarah ke laptop. Kulihat gadis itu mencium pipi Andre. Dadaku sesak. Kenapa Andre  tidak pernah bilang kepadaku kalau dia sudah memiliki pacar? Air mataku menetes. Aku menggenggam kado ulang tahun Andre erat-erat, agar tidak terjatuh ke bawah. Hatiku pilu. Kenapa harus sesakit ini. Kenapa. Aku hanya ingin bilang kepadamu kalau kau berarti bagiku. Aku selalu yakin kalau aku juga berarti bagimu, meski kau tidak pernah mengungkapkannya. Aku suka kepadamu—dan segala perhatianmu padaku. Tapi, kenapa? Aku menghapus air mataku dan berbalik. Kau benar tentang aku, Dre. Aku memang gadis yang bodoh, yang selalu bergantung kepadamu, yang selalu membuatmu repot. Aku memang gadis yang hanya bisa menyusahkanmu saja. Mulai sekarang aku berjanji enggak akan ganggu kamu lagi, Dre.

 

 

Mencontek For Good

cheating-2

Awalnya saya pengen memberi judul artikel ini cheating for good. Tapi takutnya kalau saya beri judul demikian nanti artikel saya muncul di kolom pencarian Google dengan kata kunci ‘selingkuh’. Hehe. Yeah, cheating yang saya maksud adalah mencontek, bukan selingkuh ya. Soalnya kata cheating dalam bahasa Inggris kan memiliki dua makna ‘selingkuh’ dan ‘mencontek’. OK. Let us write this article. Actually, this article tidak bisa disebut artikel. Tapi juga tidak bisa disebut cerpen sih. Karena yang akan saya tulis di bawah ini adalah kisah nyata—bukan cerpen, bukan juga artikel. Lebih tepat disebut salah satu potongan diary anak ingusan bodoh bergigi tonggos. Jangan mikir ya kalau sayalah anak ingusan bodoh bergigi tonggos itu. Buahahahahahahahahaha.

Suatu hari, Alice pulang sekolah dengan wajah suntuk. Alice adalah gadis yang sering mendapat bully di sekolah karena memiliki gigi tonggos dan senang bersikap seperti alien. Dan ibu Alice, Vera, tahu betul tentang hal itu. Namun, sangat sulit menasihati Alice untuk menghilangkan kebiasaannya bersikap seperti alien. Alice membanting tasnya dan duduk dengan suntuk.

“Nak?” kata Vera menatap Alice yang tampak kesal dan langsung duduk di teras sepulang sekolah, “pulang sekolah kok enggak salaman dulu sama mama?”

“Alice kesel, Ma,” ujar Alice sambil merengut. Dia menyilangkan tangannya dan menautkan kedua alisnya.

“Kesel kenapa?” tanya Vera dengan sabar sembari duduk di samping Alice.

“Tadi pas ulangan matematika Alice dapat nilai 6,” jawab Alice.

“Kenapa nilaimu bisa jelek, Al? Trus?”

“Padahal Alice kemarin sudah belajar, tapi ulangannya susah-susah banget. Alice akhirnya dimarahin Bu Cindy karena Alice dapat nilai paling jelek pas ulangan matematika, sementara rata-rata temen-temen Alice dapat nilai 9. Padahal tadi anak-anak di kelas pada nyontek ke Febri semua. Alice sendiri yang enggak nyontek. Mama ‘kan pernah bilang, nyontek itu dosa. Lagipula kasihan Febri nilainya jadi jelek gara-gara nyontekin temen-temennya. Mama ‘kan pernah bilang Alice harus jujur kapanpun dan dimanapun Alice berada.”

“Kenapa kamu enggak nyontek juga, sih, Al?”balas Vera geram.  Hati Alice remuk.

PPDB!

ppdb

Kemarin adalah hari paling menyedihkan bagi saya. Kemarin, saya dinyatakan tidak bisa lolos seleksi masuk SMA 1 Malang—SMA impian saya. Seharian itu saya terus-terusan menangis dan mengurung diri di kamar. Keluar dari kamar pun hanya ketika saya mau shalat dan berbuka puasa. Ayah saya tampak marah ketika saya tidak lolos seleksi masuk SMA 1 Malang. Saya sebenarnya tidak lolos seleksi bukannya saya bodoh. Saya sebenarnya bisa lolos seleksi masuk SMA 1 Malang. Saya tidak lolos karena saya anak luar kota. Jadi begini, tahun ini PPDB (penerimaan peserta didik baru) di kota Malang menggunakan sistem rayon. Sistem rayon yaitu mengelompokkan beberapa sekolah dan menjadikannya beberapa rayon. SMA-SMA di Malang dikelompokkan menjadi 3 rayon. SMA 1 Malang berada di rayon 1 bersama SMA 8 Malang, SMA 9 Malang, dan SMA Widyagama. Sementara di rayon 2 ada SMA 3 Malang, SMA 6 Malang, dan SMA 10 Malang. Di rayon 3 ada SMA 2 Malang, SMA 4 Malang, SMA 5 Malang, dan SMA 7 Malang. Saya pilih rayon 1 karena di sana ada SMA impian saya, SMA 1 Malang. Kalau sewaktu-waktu saya enggak lolos masuk SMA 1 Malang, saya bisa masuk SMA 8 Malang—yang satu rayon dengan SMA 1. Tapi hasilnya saya tidak lolos di SMA 1 Malang dan SMA 8 Malang, saya malah masuk SMA 9 Malang. Saya masuk SMA 9 Malang karena pagu SMA 1 dan SMA 8 Malang yang menampung siswa luar kota Malang sudah penuh. Setiap SMA di Malang mengadakan prosentase 10% dari jumlah pagu bagi siswa luar kota. Di SMA 1 Malang pagunya adalah 286 siswa, berarti pagu siswa luar kota berjumlah 28 siswa. Saya bersaing dengan ratusan siswa luar kota yang mendaftar di SMA 1 Malang, dan hanya dipilih 28 siswa dari ratusan siswa tersebut. 28 siswa yang terpilih masuk SMA 1 Malang memiliki NA (nilai akhir) yang sangat tinggi, rata-rata nilai mereka 9. Jelas saja saya tidak lolos wong NA saya hanya 8.63. Yowes, aku rapopo. Tapi waktu ayah saya marah pas tahu saya enggak masuk SMA 1 dan SMA 8, ayah saya marah. Seharian saya nangis gara-gara ayah, saya merasa enggak bisa memenuhi keinginan ayah saya. Tapi mau bagaimana lagi, persaingan di Malang sangat ketat. Saya enggak tega banget waktu ayah saya ngomong sama saya tentang SMA mana yang mau saya masuki, SMA 9 Malang atau SMA Kabupaten (saya juga daftar ke salah satu sekolah di kabupaten saya dan saya diterima di sekolah tersebut). Waktu itu papa saya hampir nangis pas ngomong ke saya. Bayangin aja, awalnya saya mau masuk SMA kota favorit, sekarang malah turun kasta masuk sekolah kabupaten yang biasa-biasa saja. Ayah saya semacam sedih ketika impian saya harus musnah. Sebenarnya saya ingin sekolah di Malang supaya saya bisa ngekos. Saya ingin bisa jadi lebih mandiri. Di Malang ini ternyata pendaftarnya memang sangat banyak dan ada yang dari luar Jawa, seperti dari Kolaka, Papua, dan sebagainya. Sewaktu saya mendaftar di SMA 1 Malang, saya mendaftar di hari kedua, yaitu tanggal 2 Juli. Pendaftaran masuk SMA dibuka dari tanggal 1-3 Juli, sedangkan pengumuman penerimaan siswa baru pada tanggal 4 Juli. Sewaktu mendaftar, saya disuruh mengisi formulir khusus siswa dari luar kota. Lalu saya menyerahkan berkas-berkas ke panitia. Penyerahan berkas-berkasnya (berupa fotokopi SKHU dan rapor) harus mengantri karena ternyata banyak juga pendaftar yang datang dan akan menyerahkan berkas-berkas pendaftaran. Saya harus mengantri di bawah terop yang didirikan di lapangan SMAN 1 Malang bersama pendaftar-pendaftar lainnya. Setelah mengantri beberapa lama, nama saya pun dipanggil oleh panitia. Saya lalu duduk di depan meja panitia dan panitia yang mengurus berkas saya ini sangat menyebalkan. Saya disuruh membaca nilai-nilai rapot saya sementara mas panitia menulis nilai saya di laptop—seakan-akan saya enggak bisa angka atau enggak bisa baca nilai rapot saya sendiri. Lalu ketika saya membuat kesalahan ketika menulis angka rayon, mas panitia ini menatap rekannya di sebelahnya dengan tatapan yang seakan-akan mengatakan kepada rekannya tentang saya, ‘anak ini kok bodoh sekali ya, Bro’. Untungnya mas panitia menyediakan tipe-x untuk menghapus tulisan saya yang salah. Ketika saya mendaftar di SMA di kabupaten pada tanggal 3 Juli, saya panitianya juga nyebelin. Karena saya mendaftar di sekolah kabupaten yang biasa-biasa saja (atau mungkin sekolah yang ‘rendah’) dan saya berasal dari SMP terbaik di kabupaten Malang, panitia SMA kabupaten itu seakan-akan menganggap saya daftar di sana hanya sebagai pilihan kedua dan panitia berpikir saya akan cabut dari SMA kabupaten kalau saya keterima di SMA Malang. Apa emang semua panitia pendaftaran sekolah itu nyebelin ya. Haha.

Tentang Menjadi Cantik

Isn't she beautiful?

Sumber: deviantart.com—Isn’t she beautiful?

Saya sering dapat ejekan jelek. Sebenarnya enggak sering-sering sih. Cuma pernah. Tapi pernahnya berkali-kali (nah lo? HAHAHA) Sometimes saya pengen gitu jadi secantik Yoona SNSD. Atau secantik Chloe Moretz. Suatu hari teman saya pernah bilang kalo saya jelek dan akhirnya saya membeli semua produk kecantikan di supermarket. Saya memang menjadi lebih cantik sejak saat itu. Tapi karena saya enggak telaten belanja alat-alat kecantikan tiap bulan, akhirnya jeleknya balik lagi deh, hahaha.

Lupita Nyong'o, wanita berkulit hitam yang dinobatkan menjadi wanita tercantik oleh majalah People.

Lupita Nyong’o, wanita berkulit hitam yang dinobatkan menjadi wanita tercantik oleh majalah People.

Tapi setelah saya kenal Lupita Nyong’o, saya mulai berpikir kalau menjadi cantik itu tidak hanya semata-mata menjadi ‘cantik’. Lupita Nyong’o adalah aktris yang bermain di film 12 Years A Slave dan dia mendapatkan piala Oscar karena perannya dalam film tersebut. Wanita berusia 31 tahun ini dinobatkan menjadi wanita tercantik di dunia oleh majalah People. Saya awalnya merasa asing ketika mendengar nama Lupita Nyong’o. Ketika saya search nama Lupita Nyong’o di google, keluarlah gambar seorang wanita berkulit hitam. Saya awalnya berpikir, “Lupita ini cantiknya dari mana?” ketika saya melihat foto Lupita. Tapi setelah saya pikir-pikir saya terlalu rasis ketika berpikir demikian—majalah People tidak mengukur kecantikan seseorang dari penampilan. Lupita cantik karena dia cerdas. Dia aktris yang profesional, dia juga rendah hati. Tak pelak People menobatkannya sebagai wanita tercantik di dunia.

barbie

Ketika seseorang menjadi terlihat cantik karena make up berlebihan atau operasi plastik atau semacamnya… Itu bukanlah hakikat menjadi cantik yang sebenarnya. Girls, be proud of who you are!

Kakek Sakti

Ada seorang kakek sakti di kampung Ubur-Ubur Terbang. Kakek itu bisa berbicara dengan jin, menyembuhkan orang sakit, dan meramal masa depan. Minggu lalu si kakek berhasil menyembuhkan Mak Minah, penjual nasi berbadan seksi yang sakit karena diguna-guna. Ketika ada tuyul-tuyul yang mencuri uang penduduk kampung Ubur-Ubur Terbang beberapa tahun yang lalu, si kakek-lah yang mengusir tuyul-tuyul tersebut dari kampung. Si kakek juga pernah meramal masa depan Tarman, anak petani miskin yang kini telah menjadi bupati.

Di sebelah rumah si kakek sakti, tinggallah Haji Su’eb, seorang saudagar kayu. Hari ini dia akan menikahkan putrinya, Markonah, dengan Yakub, putra sahabatnya dari desa Kambing Laut. Pesta pernikahan yang akan diadakan di belakang rumah Haji Su’eb itu bertema pesta kebun. Istri Haji Su’eb, Wati, sedang sibuk di dapur menyediakan makanan untuk pesta pernikahan putrinya. Wati dibantu pelayan-pelayannya membawa nasi, sayur lontong, soto, bistik, ayam goreng, dan lodeh ke meja-meja yang telah tertata rapi mengelilingi halaman belakang rumah Haji Su’eb yang telah disulap menjadi kebun. Sementara Markonah sedang berdandan di kamarnya, dia berdandan secantik mungkin, memakai kebaya putih dan jarit batik kawung yang indah. Rambutnya yang panjang itu disanggul sedemikian rupa dan disematkanlah rangkaian bunga melati yang harum di helai rambutnya.

Kakek sakti melihat persiapan pesta pernikahan Markonah dari teras rumahnya, sambil menghisap rokok  kesukaannya. Dihisapnya rokoknya pelan-pelan dan nikmat. Mata si kakek menatap sayu teras rumah Haji Su’eb yang ramai karena banyak manusia berlalu-lalang membawa berbagai peralatan pesta.

“Mbah,” Haji Su’eb datang tiba-tiba sembari menepuk pundak kurus si kakek yang duduk termenung. Si kakek terlihat sedikit kaget.

“Oh! Duduk, Eb,” ajak si kakek. Haji Su’eb duduk di sebelah si kakek.

“Anu, Mbah, saya mau minta tolong ke sampeyan.” kata Haji Su’eb yang berbadan tambun itu, sembari menatap si kakek.

“Minta tolong apa, tho, Le?”

“Saya ini ‘kan mau ngadain acara hajatan Mbah. Markonah mintanya acara ini jadi pesta kebun. Nah, ‘kan kalo acaranya pesta kebun berarti saya enggak masang terop. Mbah, sampeyan ‘kan sakti. Hujannya jangan turun dulu sebelum acaranya Markonah selesai. Nanti kalo hujan bisa becek semua kebun saya, kasihan Markonah, Mbah. Nanti tamu-tamu undangannya kalau kehujanan bagaimana.” ujar Haji Su’eb sambil menatap langit yang mendung.

Sumber: panoramio.com

Si kakek tidak menjawab, ia hanya menghisap rokoknya pelan-pelan dan memalingkan wajah dari Haji Su’eb. Haji Su’eb menganggap tidak adanya jawaban dari si kakek sebagai jawaban ‘ya’. Maka Haji Su’eb pun berpamitan kepada si kakek dan meninggalkan si kakek sendirian di teras rumahnya. Satu jam kemudian, pesta pernikahan Markonah pun dimulai. Tamu-tamu undangan sudah berdatangan. Tapi tiba-tiba hujan turun. Di pesta kebun tersebut para undangan kebasahan terkena hujan. Sementara si kakek, yang berada di teras rumahnya, hanya duduk dan tidak bicara sepatah kata. Ia hanya diam dan menatap hujan yang turun.

Sumber: alisalamb.blogspot.com