Tentang Menjadi Cantik

Isn't she beautiful?

Sumber: deviantart.com—Isn’t she beautiful?

Saya sering dapat ejekan jelek. Sebenarnya enggak sering-sering sih. Cuma pernah. Tapi pernahnya berkali-kali (nah lo? HAHAHA) Sometimes saya pengen gitu jadi secantik Yoona SNSD. Atau secantik Chloe Moretz. Suatu hari teman saya pernah bilang kalo saya jelek dan akhirnya saya membeli semua produk kecantikan di supermarket. Saya memang menjadi lebih cantik sejak saat itu. Tapi karena saya enggak telaten belanja alat-alat kecantikan tiap bulan, akhirnya jeleknya balik lagi deh, hahaha.

Lupita Nyong'o, wanita berkulit hitam yang dinobatkan menjadi wanita tercantik oleh majalah People.

Lupita Nyong’o, wanita berkulit hitam yang dinobatkan menjadi wanita tercantik oleh majalah People.

Tapi setelah saya kenal Lupita Nyong’o, saya mulai berpikir kalau menjadi cantik itu tidak hanya semata-mata menjadi ‘cantik’. Lupita Nyong’o adalah aktris yang bermain di film 12 Years A Slave dan dia mendapatkan piala Oscar karena perannya dalam film tersebut. Wanita berusia 31 tahun ini dinobatkan menjadi wanita tercantik di dunia oleh majalah People. Saya awalnya merasa asing ketika¬†mendengar nama Lupita Nyong’o. Ketika saya search nama Lupita Nyong’o di google, keluarlah gambar seorang wanita berkulit hitam. Saya awalnya berpikir, “Lupita ini cantiknya dari mana?” ketika saya melihat foto Lupita. Tapi setelah saya pikir-pikir saya terlalu rasis ketika berpikir demikian—majalah People tidak mengukur kecantikan seseorang dari penampilan. Lupita cantik karena dia cerdas. Dia aktris yang profesional, dia juga rendah hati. Tak pelak People menobatkannya sebagai wanita tercantik di dunia.

barbie

Ketika seseorang menjadi terlihat cantik karena make up berlebihan atau operasi plastik atau semacamnya… Itu bukanlah hakikat menjadi cantik yang sebenarnya. Girls, be proud of who you are!

DO COMMENT

