Catatan Abal Menuju Pilpres 2014

Sumber: paparazieonlinews.com

Sumber: paparazieonlinews.com

Tak disangka, pelaksanaan pilpres tinggal menghitung hari. Rakyat Indonesia yang menggunakan hak pilih mereka tentu berusaha keras untuk menentukan pilihan diantara dua pasang calon presiden-wakil presiden dalam pilpres tahun 2014 ini, Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing capres dan cawapres, tentu rakyat Indonesia harus jeli memilih pemimpin yang tepat untuk Indonesia selama 5 tahun ke depan.

Prabowo Subianto, calon presiden urut 1 dikenal akan ketegasannya yang luar biasa, merupakan mantan panglima Kostrad yang tangguh dan ambisius, dikenal akan hobinya menunggang kuda. Sejujurnya saya tidak tahu banyak tentang Pak Prabowo, tapi yang saya kagumi dari beliau adalah ketegasan beliau. Pak Prabowo memiliki cita-cita yang sama dengan saya, yaitu Indonesia yang tidak dinjak-injak, tidak menjadi budak bagi bangsa lain. Prabowo selalu mengemukakan di iklan TV dengan tegas betapa Indonesia adalah negara yang kaya dan makmur namun selalu diinjak-injak oleh bangsa lain dan itu membuat saya semakin kagum kepada Pak Prabowo. Saya pernah membaca artikel yang menulis bahwa Amerika tidak setuju Prabowo menjadi presiden Indonesia dengan dalih Prabowo pernah terlibat isu pelanggaran HAM (Prabowo disinyalir memiliki keterlibatan dalam kasus penculikan aktivis 1997/1998, namun masih belum ada yang tahu tentang kebenaran rumor ini), padahal sebenarnya kharisma Prabowo-lah yang meleburkan kepercayaan diri Amerika Serikat—membuktikan bahwa pribadi Prabowo ditakuti pihak asing, berbeda dengan Jokowi yang justru dielu-elukan oleh pihak asing dan didukung oleh Amerika dan Australia.

Selain Prabowo Subianto, adalah Joko Widodo yang mencalonkan diri menjadi presiden dengan nomor urut 2. Sejujurnya, awalnya saya bertanya-tanya, Jokowi ini apa? Tiba-tiba muncul menjadi cagub DKI periode 2012/2017, setelah sebelumnya sukses menjadi walikota Solo selama dua periode, semua orang lalu terlena dengan sikap Jokowi yang merakyat—dengan melakukan blusukan-blusukan di berbagai daerah untuk menampung aspirasi masyarakat. Jokowi kemudian terpilih menjadi gubernur DKI, namun baru 2 tahun menjalankan amanah sebagai gubernur, beliau sudah ditunjuk sebagai calon presiden. Sebenarnya Jokowi bisa jadi berbuat curang karena baru 2 tahun melaksanakan kepemimpinan tiba-tiba  sudah mencalonkan diri sebagai presiden. Sama saja ‘munafik’—melanggar sumpah untuk berdaulat di Jakarta selama 5 tahun. Tapi Jokowi menjadi capres karena permintaan rakyat dan Indonesia adalah negara demokrasi—rakyatlah yang berdaulat. Jadi, kalau itu kehendak rakyat, so what? Joko Widodo—calon presiden urut 2, adalah capres yang diterpa paling banyak rumor tidak sedap. Beliau disinyalir terlibat dalam organisasi zionis, namun tudingan ini dibantah oleh relawan Jokowi-JK. Menurut mereka Jokowi sejak lahir beragama Islam dan dibesarkan dalam keluarga Islam. Dengan mengunggah foto Jokowi mengimami shalat jama’ah di twitter, relawan Jokowi-JK berusaha meyakinkan rakyat Indonesia bahwa Jokowi bukanlah bagian dari zionis. Selain itu juga banyak rumor lain yang menerpa Pak Jokowi seperti ia dituding sebagai capres boneka dan sebagainya. Namun Pak Jokowi selalu menanggapi rumor-rumor yang menerpa dirinya dengan cuek.

Pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna. Bahkan presiden atau calon presiden sekalipun. Seandainya rakyat Indonesia tidak mengetahui kelemahan para capres, tentu akan lebih mudah memilih. Dan sudah pasti ketahuan siapa pemenangnya. Semua ini adalah akibat dari kampanye-kampanye hitam yang berusaha saling menjatuhkan capres-cawapres satu sama lain. Namun mau tidak mau, rakyat Indonesia harus memilih. Menurut saya, ada dua kriteria presiden ‘sempurna’, yaitu merakyat dan ditakuti pihak asing, yang mana dua kriteria ini masing-masing ada pada Jokowi dan Prabowo. Jadi, mana yang harus saya pilih? Saya sebenarnya lebih suka yang di bawah ini.

Sumber: ketikketik.com

Sumber: ketikketik.com

Advertisements

DO COMMENT

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: