Monthly Archives: June 2014

Kakek Sakti

Ada seorang kakek sakti di kampung Ubur-Ubur Terbang. Kakek itu bisa berbicara dengan jin, menyembuhkan orang sakit, dan meramal masa depan. Minggu lalu si kakek berhasil menyembuhkan Mak Minah, penjual nasi berbadan seksi yang sakit karena diguna-guna. Ketika ada tuyul-tuyul yang mencuri uang penduduk kampung Ubur-Ubur Terbang beberapa tahun yang lalu, si kakek-lah yang mengusir tuyul-tuyul tersebut dari kampung. Si kakek juga pernah meramal masa depan Tarman, anak petani miskin yang kini telah menjadi bupati.

Di sebelah rumah si kakek sakti, tinggallah Haji Su’eb, seorang saudagar kayu. Hari ini dia akan menikahkan putrinya, Markonah, dengan Yakub, putra sahabatnya dari desa Kambing Laut. Pesta pernikahan yang akan diadakan di belakang rumah Haji Su’eb itu bertema pesta kebun. Istri Haji Su’eb, Wati, sedang sibuk di dapur menyediakan makanan untuk pesta pernikahan putrinya. Wati dibantu pelayan-pelayannya membawa nasi, sayur lontong, soto, bistik, ayam goreng, dan lodeh ke meja-meja yang telah tertata rapi mengelilingi halaman belakang rumah Haji Su’eb yang telah disulap menjadi kebun. Sementara Markonah sedang berdandan di kamarnya, dia berdandan secantik mungkin, memakai kebaya putih dan jarit batik kawung yang indah. Rambutnya yang panjang itu disanggul sedemikian rupa dan disematkanlah rangkaian bunga melati yang harum di helai rambutnya.

Kakek sakti melihat persiapan pesta pernikahan Markonah dari teras rumahnya, sambil menghisap rokok  kesukaannya. Dihisapnya rokoknya pelan-pelan dan nikmat. Mata si kakek menatap sayu teras rumah Haji Su’eb yang ramai karena banyak manusia berlalu-lalang membawa berbagai peralatan pesta.

“Mbah,” Haji Su’eb datang tiba-tiba sembari menepuk pundak kurus si kakek yang duduk termenung. Si kakek terlihat sedikit kaget.

“Oh! Duduk, Eb,” ajak si kakek. Haji Su’eb duduk di sebelah si kakek.

“Anu, Mbah, saya mau minta tolong ke sampeyan.” kata Haji Su’eb yang berbadan tambun itu, sembari menatap si kakek.

“Minta tolong apa, tho, Le?”

“Saya ini ‘kan mau ngadain acara hajatan Mbah. Markonah mintanya acara ini jadi pesta kebun. Nah, ‘kan kalo acaranya pesta kebun berarti saya enggak masang terop. Mbah, sampeyan ‘kan sakti. Hujannya jangan turun dulu sebelum acaranya Markonah selesai. Nanti kalo hujan bisa becek semua kebun saya, kasihan Markonah, Mbah. Nanti tamu-tamu undangannya kalau kehujanan bagaimana.” ujar Haji Su’eb sambil menatap langit yang mendung.

Sumber: panoramio.com

Si kakek tidak menjawab, ia hanya menghisap rokoknya pelan-pelan dan memalingkan wajah dari Haji Su’eb. Haji Su’eb menganggap tidak adanya jawaban dari si kakek sebagai jawaban ‘ya’. Maka Haji Su’eb pun berpamitan kepada si kakek dan meninggalkan si kakek sendirian di teras rumahnya. Satu jam kemudian, pesta pernikahan Markonah pun dimulai. Tamu-tamu undangan sudah berdatangan. Tapi tiba-tiba hujan turun. Di pesta kebun tersebut para undangan kebasahan terkena hujan. Sementara si kakek, yang berada di teras rumahnya, hanya duduk dan tidak bicara sepatah kata. Ia hanya diam dan menatap hujan yang turun.

Sumber: alisalamb.blogspot.com

Nyaris Kena Tipu Undian Pop Mie

Sumber: infokuiz.blogspot.com

Sumber: infokuiz.blogspot.com—Pop Mie Get Lucky 2014 berhadian Nissan March.

DSC05615

Inilah yang ditemukan suami pembantu saya di dalam kemasan Pop Mie-nya.

DSC05621

Kupon palsu, disertai nomor customer care palsu.

DSC05622

Bagian belakang kupon palsu, bertanda kepolisian.

DSC05623

Surat kepolisian palsu.

DSC05624

DSC05625

DSC05627

DSC05628

Kemarin, suami anak pembantu saya mendapatkan sebuah ‘kupon’ hadiah Pop Mie Get Lucky 2014 di dalam kemasan produk Pop Mie. ‘Kupon’ itu menyatakan bahwa suami anak pembantu saya memenangkan mobil yang menjadi hadiah promo Pop Mie Get Lucky. Tapi nyatanya ‘kupon’ ini hanyalah alat penipuan. Kupon Pop Mie yang asli berisi 10 digit angka namun di kupon palsu hanya tertulis empat digit angka. Promo Pop Mie Get Lucky berhadiah Nissan March iniberakhir di bulan Mei 2014, namun di kupon palsu  tertulis deadline promonya adalah pada bulan Agustus 2014. Selain kupon, suami anak pembantu saya juga menemukan surat keterangan kepolisian dan surat pemberitahuan pemenang yang terlampir bersama kupon palsu tadi. Dalam surat-surat tersebut dinyatakan promo Pop Mie Nissan March disponsori oleh stasiun televisi RCTI, ANTV, SCTV, dan TVOne. Padahal promo Pop Mie Get Lucky 2014 tidak disponsori pihak manapun. Surat-surat tersebut ‘ditanda tangani’ oleh direktur Indofood, komisaris besar polisi, depsos, dan notaris. Tampaknya dalang penipuan ini terlalu kreatif dan terlalu niat dalam membuat kupon dan surat-surat palsu dengan memanfaatkan promo Pop Mie Get Lucky 2014 sampai-sampai bisa ditanda tangani oleh pihak-pihak yang seharusnya tidak ikut tanda tangan dalam surat-surat tersebut. Sebaiknya readers berhati-hati ketika menemukan kupon dan surat-surat palsu seperti gambar di atas dalam bungkus Pop Mie.

Akhir-Akhir Ini…

cry

Akhir-akhir ini saya dapat banyak masalah dan itu berdampak pada produktivitas kepenulisan saya. Saya menjadi sering merasa malas dan kosong ketika akan menulis. Padahal proyek nulis saya untuk bulan ini masih banyak banget. Yeah, inilah derita saya sebagai penulis. Mungkin seharusnya saya lebih profesional. Tapi… ah. Saya memang  penulis yang tidak saya harapkan. Saya cenderung jadi ghost writer, bukannya jadi penulis dengan ide yang orisinal, padahal saya ingin sekali menulis dan menghasilkan karya yang orisinal. Sejujurnya saya menulis tanpa bakat. Kadang saya tidak memperhatikan hal-hal penting dalam menulis, suka serampangan kalau nulis tapi juga kadang perfeksionis gila-gilaan kalau nulis. Tapi, saya nulis artikel ini bukan untuk curhat tentang masalah-masalah yang saya alami dalam menulis.

Saya ingin curhat tentang masalah-masalah yang akhir-akhir ini menghampiri saya.

Jadi…

Pertama, saya mendapat masalah dengan adik saya. Meskipun saya dan adik saya sudah berbaikan, namun adik saya tampaknya masih sulit memaafkan perbuatan saya terhadap adik saya. Itu membuat saya patah hati—sebagai kakak. Seharusnya saya sebagai kakak bisa tegas menghadapi adik saya, karena dalam masalah ini tidak hanya saya seorang yang membuat masalah, tapi juga adik saya. Tapi saya tidak mau kasar-kasar kepada adik saya—takut membuatnya sakit hati. Jadi, saya biarkan saja saya sakit karena perbuatan adik saya.

Kedua, saya mendapat masalah dengan keluarga saya—lebih spesifiknya dengan sepupu-sepupu saya. Gara-gara masalah ini, saya merasa enggak enak kepada sepupu-sepupu saya. Sebenarnya saya juga enggak mau mengekspos lebih banyak masalah saya yang kedua ini, tapi akibat masalah ini sepupu-sepupu saya jadi gimana gitu ke saya. Memang salah saya sih. Sebenarnya enggak etis kalau saya curhat seperti ini di blog, tapi tangan saya terlanjur gatel pengen curhat, hehe.

Ketiga, saya mendapat masalah dengan dia. Masalahnya adalah saya dan dia harus berpisah. Tanpa selamat tinggal. Dan itu pahit sekali. Saya bikin satu puisi tentang perpisahan saya dengan dia di blog ini. Saya enggak berharap dia membaca puisi saya karena dia memang enggak bakal pernah membacanya. Ada gambar galaxy yang saya lampirkan di puisi itu karena galaxy selalu mengingatkan saya pada dia. Mungkin besok di SMA saya dan dia sudah enggak satu sekolah lagi seperti kemarin waktu SMP, meskipun mungkin saya selalu berharap dia kembali. Tapi saat ini saya berusaha keras melupakan dia. Lagipula, jika ini bukan perpisahan yang pahit, perpisahan ini pasti yang terbaik, meskipun selama ini saya sudah lama sekali bersama dengannya. Saya tahu berpisah memang yang terbaik. Kadang saya hanya ingin mengucapkan selamat tinggal pada laki-laki kesekian yang pernah mengisi hati saya ini, tapi dia tidak pernah mengijinkannya. Mungkin jika saya bilang selamat tinggal, itu justru melukai hatinya. Jadi saya hargai keputusan dia.

Sebenarnya, saya tidak suka curhat seperti ini di blog. Tapi saya jarang sekali curhat ke manusia. Saya cenderung lebih sering mendengarkan curhat orang lain. Saya kadang juga curhat sih ke orang-orang, tapi curhatnya itupun hanya lewat kalimat-kalimat yang sarkatis. Menurut saya curhat secara vulgar ke orang-orang tidak efektif meredam masalah dan justru menambah masalah. Jadi, saya lebih suka curhat di blog. Bagi saya, curhat lewat blog sudah cukup mengentengkan beban-beban saya dan alhamdulillah setelah curhat di sini masalah-masalah saya terasa lebih enteng dari sebelumnya. Baiklah, nulis artikelnya sampai sini saja. Kapan-kapan saya akan curhat lagi di blog ini, hehe. See you next article, daah!

LULUS

Akhirnya, tanggal 14 Juni kemarin saya dinyatakan lulus Ujian Nasional SMP. Bahagia. Sekaligus sedih. Kenapa? Karena pertama, saya lulus dengan nilai UN matematika HANYA 7,75. Kedua, saya harus berpisah dengan teman-teman SMP saya. Yaa, meskipun teman-teman SMP saya semuanya jahat, tapi saya sayang sama mereka semua. Nah, berhubung pengumuman kelulusan sudah dikeluarkan dan saya dinyatakan lulus, selanjutnya saya akan fokus untuk PPDB SMA. Kebetulan metode PPDB SMA yang digunakan tahun ini adalah online. Saya benci harus mendaftar SMA secara online, karena itu artinya metode tes pada penerimaan peserta didik baru SMA tahun ini tidak dipakai sebagai acuan. Saya memang suka sekali dengan metode tes. Kenapa? Karena kebanyakan hasil tes justru lebih JUJUR daripada hasil ujian nasional kemarin. Ada desas-desus menyatakan bahwa ujian nasional kemarin masih banyak pesertanya yang menggunakan jasa kunci jawaban.

Sumber: kemdikbud

Sumber: kemdikbud

Peraih nilai UN tertinggi di Jawa Timur didominasi oleh sekolah-sekolah menengah di Sumenep. Saya yakin di Sumenep ini pasti peserta-peserta UN-nya menggunakan kunci jawaban dan saya yakin pasti guru-guru di sekolah-sekolah menengah di Sumenep yang mengkoordinir peredaran kunci jawaban di kota tersebut. Saya masih tidak mengerti dengan alasan dindik untuk menghapus sistem tes dalam pendaftaran siswa baru tahun ini. Katanya sih kalau pakai tes bikin repot. Tapi saya tahu dindik tahu masih banyak peserta UN yang memakai kunci jawaban, logikanya kalau menerima siswa-siswi yang memakai kunci jawaban sama saja memelihara siswa-siswi yang seharusnya tidak diterima di sekolah yang menerima siswa-siswi tersebut karena mereka memakai kunci jawaban. Saya merasa saya jauh lebih baik dari siswa-siswi yang memakai kunci jawaban karena saya tidak memakai kunci jawaban dan seharusnya sekolah-sekolah besar yang mungkin akan menerima siswa-siswi yang memakai kunci jawaban lebih pantas menerima saya. Meskipun repot, tapi tes masuk itu juga konsekuensi yang harus ditanggung dari para pendidik yang lengah dan membiarkan peserta UN memakai kunci jawaban.

Farewell

hhh

Aku selalu berharap aku dan kau bisa bertemu lagi.

Jadi?

Perpisahan tanpa selamat tinggal?

Dasar tidak berperasaan.

Aku tidak menangis,

tidak.

Hanya memang sedikit sakit.

Setelah semua yang kulakukan selama ini,

jadi?

Semua ini sia-sia?

Percuma-kah selama ini rasaku untukmu?

Aku tahu,

aku tidak akan pernah bisa menembus logika-logika bodohmu itu,

meski diam-diam aku menghargainya.

Pengecut.

Kau berpura-pura aku bukan siapa-siapa,

berpisah tanpa sepatah kata,

meski kau juga merasakan sakit yang sama.

Selamat tinggal…

Pilpres dan Lingkungan

Aktivis Greenpeace mengantarkan Raung dan Umba ke Kantor Komisi Pemilihan Umum  untuk mendaftar menjadi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (27/4).

Raung dan Umba. Sumber: greenpeace.org

16 Mei lalu, seekor harimau dan seekor lumba-lumba datang mendaftarkan diri ke KPU sebagai pasangan capres-cawapres. Harimau dan lumba-lumba ini bernama Raung dan Umba. Mengutip dari tribunnews.com:

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Poros koalisi PDI Perjuangan dan poros koalisi Gerindra kalah cepat daftarkan calon presiden dan calon wakil presidennya ke Komisi Pemilihan Umum. Mereka didahului oleh pasangan Raung dan Umba sebagai capres dan cawapres.

Raung adalah harimau Sumatera, sedangkan Umba adalah lumba-lumba. Keduanya diantar aktivis Greenpeace mendatangi Gedung KPU, Jakarta, Jumat (16/5/2014), sekitar pukul 10.00 WIB untuk mendaftar sebagai capres dan cawapres.

“Kedua calon ini kita daftarkan sebagai duta lingkungan capres dan cawapres,” ujar Juru Kampanye Greenpeace Indonesia Arifsyah Nasution kepada Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay, disaksikan wartawan saat pendaftaran pasangan.

Raung telah kehilangan keluarganya akibat kebakaran hutan, dan kehilangan lebih dari separuh habitatnya karena deforestasi. Adapun Umba terancam nyawanya, menyusul laut bersih hilang ditambah tailing dan buangan minyak kotor.

Arifsyah menjelaskan, pendaftaran Raung dan Umba karena belum ada satupun bakal capres dan cawapres berkomitmen pada perlindungan dan pemulihan lingkungan hidup Indonesia. Ini ironis karena lingkungan Indonesia rusak parah.

Greenpeace mendata hutan Indonesia hilang 15,8 persen juta hektar kurun 2002-2012. Puncaknya pada 2011-2012. Sementara laut Indonesia sejak April 2014 tercemar akibat buangan minyak kotor seperti di kawasan pesisir Bintan, Batam, Karimun dan Kepulauan Riau.

“Raung dan Umba melihat lingkungan hidup sebagai penyangga dasar kehidupan hayati termasuk manusia di dalamnya berada dalam keadaan krisis. Keduanya mendaftar capres dan cawapres, berjanji 100 persen komit terhadap lingkungan Indonesia,” terangnya.

Komisioner KPU, Hadar berjanji menyampikan visi dan misi lingkungan Indonesia kepada gabungan parpol pengusung bakal capres dan cawapres. “Berikan kami masukan apa yang harus dilakukan dalam penyelenggaraan pilpres,” ujar Hadar.

Sementara itu, mengutip dari blog alamendah.org, berikut ini adalah visi misi Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK dalam misi pelestarian lingkungan:

Sumber: sahabatprabowo.wordpress.com

Sumber: sahabatprabowo.wordpress.com

1. Prabowo-Hatta

  • Memulai reboisasi 77 juta hektar hutan yang sudah rusak dengan sistem tumpang-sari penanaman bambu, jabon, sengon, sagu, bakau, dan tanaman lainnya serta konservasi aneka ragam hayati, hutan lindung, taman nasional, dan suaka alam.
  • Mencegah dan menindak tegas pelaku pencemaran lingkungan; dan melindungi keanekaragaman hayati dan flora serta fauna sebagai bagian dari aset bangsa.
  • Melaksanakan penanaman pohon penghasil kayu oleh rakyat, secara kolektif maupun individual dengan skala maksimal 5 hektar, didukung oleh pemberian insentif fiskal dan non-fiskal.
  • Mendorong semua usaha kehutanan dan produk turunannya mendapatkan sertifikat pengelolaan hutan/hasil hutan lestari yang diterima oleh pasar global.
  • Mensyaratkan kontribusi pembangunan hutan kota pada lokasi kabupaten/kota yang ditentukan pemerintah bagi pemegang izin sewa pakai kawasan hutan untuk tujuan di luar pertanian dalam definisi luas.
  • Merehabilitasi daerah sungai dan sumber air.
  • Mendorong usaha batubara, nikel, tembaga, bauksit dan bijih besi menjadi pertambangan yang ramah lingkungan dan sosial.
  • Berperan aktif dalam upaya mengatasi perubahan iklim global, yang diseimbangkan dengan kondisi Indonesia.

2. Jokowi-JK

Sumber: jejakcandra.blogspot.com

Sumber: jejakcandra.blogspot.com

  • Reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya, memuat antara lain: pemberantasan tindakan penebangan liar, perikanan liar, dan penambangan liar; penegakan hukum lingkungan; dan menjamin kepastian hukum hak kepemilikan tanah, penyelesaian sengketa tanah dan menentang kriminalisasi penuntutan kembali hak tanah masyarakat.
  • Peningkatan peran global dengan 8 agenda aksi yang salah satunya mengangkat isu lingkungan yaitu: mengintensifkan kerjasama internasional dalam mengatasi masalah-masalah global yang mengancam umat manusia seperti penyakit menular, perubahan iklim, penyebaran senjata illegal, perdagangan manusia, kelangkaan air, ketahanan energi, dan penyebaran narkotika.
  • Berkomitmen melindungi dan memajukan hak-hak masyarakat adat. Poin ini dipertegas dengan 6 prioritas utama sebagi subpoinnya, diantaranya memastikan peraturan undang-undang yang mengakui, menghormati, melindungi, dan memajukan masyarakat adat; hak-hak masyarakat adat terhadap sumber-sumber agraria; dan memastikan bahwa undang-undang pertanahan akan sesuai dengan pengakuan hak masyarakat adat.
  • Penegakan hukum lingkunganyang diantaranya adalah: mencegah dan menindak tegas pelanggaran yang berkaitan dengan illegal logging, illegal fishing, dan illegal mining; menegakkan hukum lingkungan secara konsekuen tanpa pandang bulu dan tanpa kekhawatiran akan kehilangan investor; menetapkan kebijakan secara permanen, bahwa Negara ini berada pada titik kritis bahaya kemanusiaan yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan hidup; dan penyempurnaan UU Pokok Agraria.
  • Pembangunan ekonomi maritim,  dari 9 poin diantaranya: Pemberantasan illegal, unregulatedunreported fishing; mengurangi intensitas penangkapan di kawasan overfishing dan meningkatkan intensitas penangkapan di kawasan underfishing sesuai batas kelestarian, rehabilitasi kerusakan lingkungan pesisir dan lautan, peningkatan luas kawasan konservasi perairan sampai menjadi 17 juta hektar dalam lima tahun, dan bertambah 700 hektar.
  • Penguatan sektor kehutanan, dari 14 poin, diantaranya: pengawasan dan penegakan hukum yang lebih efektif terhadap pelaku illegal logging; pemeliharaan proses ekologi; pengawetan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya; pencegahan kebakaran dan illegal logging, dan pelestarian hutan dan perlindungan 20,63 juta hektar sisa areal yang masih berhutan; serta perlindungan flora dan fauna yang terancam punah, khususnya yang tercatat dalam Appendix I CITES ada 86 jenis dan Appendix II 1549 jenis.

Menurut saya visi misi Jokowi-JK lebih konkrit dan bonafit daripada visi misi Prabowo-Hatta yang menurut saya sudah tidak relevan lagi dilakukan di masa sekarang, misalnya reboisasi dan merehabilitasi daerah sungai—itu adalah hal yang sudah mustahil sekali dan tidak efektif untuk dilakukan di masa sekarang. Visi misi Prabowo-Hatta tampak lebih cocok digunakan di masa Orde Baru daripada di masa setelah reformasi.

Catatan Abal Menuju Pilpres 2014

Sumber: paparazieonlinews.com

Sumber: paparazieonlinews.com

Tak disangka, pelaksanaan pilpres tinggal menghitung hari. Rakyat Indonesia yang menggunakan hak pilih mereka tentu berusaha keras untuk menentukan pilihan diantara dua pasang calon presiden-wakil presiden dalam pilpres tahun 2014 ini, Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing capres dan cawapres, tentu rakyat Indonesia harus jeli memilih pemimpin yang tepat untuk Indonesia selama 5 tahun ke depan.

Prabowo Subianto, calon presiden urut 1 dikenal akan ketegasannya yang luar biasa, merupakan mantan panglima Kostrad yang tangguh dan ambisius, dikenal akan hobinya menunggang kuda. Sejujurnya saya tidak tahu banyak tentang Pak Prabowo, tapi yang saya kagumi dari beliau adalah ketegasan beliau. Pak Prabowo memiliki cita-cita yang sama dengan saya, yaitu Indonesia yang tidak dinjak-injak, tidak menjadi budak bagi bangsa lain. Prabowo selalu mengemukakan di iklan TV dengan tegas betapa Indonesia adalah negara yang kaya dan makmur namun selalu diinjak-injak oleh bangsa lain dan itu membuat saya semakin kagum kepada Pak Prabowo. Saya pernah membaca artikel yang menulis bahwa Amerika tidak setuju Prabowo menjadi presiden Indonesia dengan dalih Prabowo pernah terlibat isu pelanggaran HAM (Prabowo disinyalir memiliki keterlibatan dalam kasus penculikan aktivis 1997/1998, namun masih belum ada yang tahu tentang kebenaran rumor ini), padahal sebenarnya kharisma Prabowo-lah yang meleburkan kepercayaan diri Amerika Serikat—membuktikan bahwa pribadi Prabowo ditakuti pihak asing, berbeda dengan Jokowi yang justru dielu-elukan oleh pihak asing dan didukung oleh Amerika dan Australia.

Selain Prabowo Subianto, adalah Joko Widodo yang mencalonkan diri menjadi presiden dengan nomor urut 2. Sejujurnya, awalnya saya bertanya-tanya, Jokowi ini apa? Tiba-tiba muncul menjadi cagub DKI periode 2012/2017, setelah sebelumnya sukses menjadi walikota Solo selama dua periode, semua orang lalu terlena dengan sikap Jokowi yang merakyat—dengan melakukan blusukan-blusukan di berbagai daerah untuk menampung aspirasi masyarakat. Jokowi kemudian terpilih menjadi gubernur DKI, namun baru 2 tahun menjalankan amanah sebagai gubernur, beliau sudah ditunjuk sebagai calon presiden. Sebenarnya Jokowi bisa jadi berbuat curang karena baru 2 tahun melaksanakan kepemimpinan tiba-tiba  sudah mencalonkan diri sebagai presiden. Sama saja ‘munafik’—melanggar sumpah untuk berdaulat di Jakarta selama 5 tahun. Tapi Jokowi menjadi capres karena permintaan rakyat dan Indonesia adalah negara demokrasi—rakyatlah yang berdaulat. Jadi, kalau itu kehendak rakyat, so what? Joko Widodo—calon presiden urut 2, adalah capres yang diterpa paling banyak rumor tidak sedap. Beliau disinyalir terlibat dalam organisasi zionis, namun tudingan ini dibantah oleh relawan Jokowi-JK. Menurut mereka Jokowi sejak lahir beragama Islam dan dibesarkan dalam keluarga Islam. Dengan mengunggah foto Jokowi mengimami shalat jama’ah di twitter, relawan Jokowi-JK berusaha meyakinkan rakyat Indonesia bahwa Jokowi bukanlah bagian dari zionis. Selain itu juga banyak rumor lain yang menerpa Pak Jokowi seperti ia dituding sebagai capres boneka dan sebagainya. Namun Pak Jokowi selalu menanggapi rumor-rumor yang menerpa dirinya dengan cuek.

Pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna. Bahkan presiden atau calon presiden sekalipun. Seandainya rakyat Indonesia tidak mengetahui kelemahan para capres, tentu akan lebih mudah memilih. Dan sudah pasti ketahuan siapa pemenangnya. Semua ini adalah akibat dari kampanye-kampanye hitam yang berusaha saling menjatuhkan capres-cawapres satu sama lain. Namun mau tidak mau, rakyat Indonesia harus memilih. Menurut saya, ada dua kriteria presiden ‘sempurna’, yaitu merakyat dan ditakuti pihak asing, yang mana dua kriteria ini masing-masing ada pada Jokowi dan Prabowo. Jadi, mana yang harus saya pilih? Saya sebenarnya lebih suka yang di bawah ini.

Sumber: ketikketik.com

Sumber: ketikketik.com

Stop Ramalan Zodiak!

Agama Islam mengharamkan umat Islam untuk mempercayai ramalan. Hal ini tertulis dengan jelas di dalam Al-Qur’an dan hadits. Berikut ini adalah dalil-dalil naqli yang melarang umat Islam mempercayai ramalan:

قُلْ لا أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعاً وَلا ضَرّاً إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ وَلَوْ كُنْتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لَاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ إِنْ أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Artinya: Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman”. (Surah Al-A’raf:188)

من أتى كاهنا أو عرافا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد صلى الله عليه و سلم

Artinya: Barangsiapa yang mendatangi seorang dukun atau peramal, lalu dia percaya pada apa yang dikatakan maka dia telah mengingkari (kufur) syariah Allah yang diturunkan pada Nabi Muhammad SAW.  (Hadits riwayat Abu Hurairah & Ahmad)

مَنْ أتى عَرَّافًا فَسَأَلهُ عَنْ شَئٍ لم تقْبَل لَهُ صَلاةُ أربعينَ ليلةً

Artinya: Barangsiapa yang datang ke tukang ramal lalu mempercayai apa yang dikatakan maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari. (Hadits riwayat Muslim)

من اقتبس شعبة من النجوم، اقتبس شعبة من السحر، زاد ما زاد

Artinya: Barangsiapa yang mengambil bagian dari ilmu perbintangan, maka ia telah mengambil bagian dari ilmu sihir. (Hadits riwayat Abu Daud & Ibnu Majah) (sumber: http://www.alkhoirot.net/2013/11/hukum-percaya-ramalan-dalam-islam.html)

Saya miris dengan banyaknya ramalan zodiak, shio, and semacamnya di websitewebsite, majalah, koran, dan sebagainya. Ini memalukan bagi Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Seseorang yang mempercayai ramalan sifat zodiak jelas berdosa karena ramalan zodiak adalah karya kaum jahiliyah di masa lampau.  Sudah saatnya bagi rakyat Indonesia, terutama yang beragama Islam untuk berhenti dan tidak mempercayai ramalan-ramalan zodiak dan sejenisnya karena itu adalah perbuatan dosa—dan siapapun yang berbuat dosa berhak masuk neraka. Saya melihat begitu banyak layanan-layanan ramalan zodiak di media cetak dan situs-situs web di internet, membuat saya khawatir, bisa-bisa seluruh rakyat Indonesia masuk neraka hanya karena mempercayai ramalan zodiak.

Situs wanita yang menyediakan layanan ramalan zodiak.

Situs wanita Indonesia yang menyediakan layanan ramalan zodiak.

Yahoo! bahkan melakukannya.

Yahoo! juga menyediakan layanan ramalan zodiak.

Di situs microblogging Twitter, followers akun ramalan zodiak Indonesia @TweetRamalan mencapai angka fantastis, yakni 8 juta lebih dan semakin lama angka followersnya makin tinggi. Saya yakin sebagian besar followers akun tersebut beragama Islam dan saya tidak mampu membayangkan berjuta-juta pemeluk agama Islam masuk neraka hanya gara-gara mempercayai ramalan zodiak.

Untitled3

1111

Pada umumnya ramalan zodiak hanya menampilkan sifat-sifat yang dimiliki seseorang dengan zodiak tertentu. Tetapi, selain menampikan sifat-sifat zodiak, ramalan zodiak biasanya juga menampilkan ramalan peruntungan, ramalan asmara, ramalan keuangan, dan semacamnya. Saya merasa heran mengapa organisasi-organisasi Islam di Indonesia tidak menindak tegas adanya dan banyaknya ramalan-ramalan zodiak dan shio dan sejenisnya di Indonesia. Mungkin karena hal-hal semacam itu hanya dianggap hal sepele. Namun, saya berharap di kemudian hari ramalan-ramalan bintang dan sejenisnya menjadi diharamkan, supaya rakyat Indonesia terhindar dari api neraka. Amin.