AKMU’s New Album: PLAY

play

Sebenarnya saya telat banget bikin artikel ini, album baru AKMU keluarnya kan tanggal 7 April 2014 tapi baru sekarang bikin artikelnya. Nah, to the point aja, judul album baru Akdong Musician ini adalah PLAY. Album ini berisi 11 lagu, berikut ini tracklist-nya:

No. Title Length
1. “Give Love”   2:59
2. “200%”   3:15
3. “Melted”   3:58
4. “On The Subway”   3:44
5. “Hair Part”   3:48
6. “Artificial Grass”   3:48
7. “Don’t Hate Me”   3:50
8. “Little Star”   3:49
9. “Anyway”   3:11
10. “Idea”   3:22
11. “Galaxy”   2:59

Promotional songs di album ini adalah 3 lagu pertama yang disebutkan dalam tracklist di atas dan tiga lagu promosi tersebut akan saya bahas di sini.

Video di atas adalah video musik dari lagu 200%. Video itu menceritakan tentang seorang gadis yang diperankan oleh Lee Soo-hyun, vokalis AKMU, yang jatuh cinta kepada seorang laki-laki. Namun cinta gadis itu bertepuk sebelah tangan karena lelaki itu ternyata mencintai gadis lain. Di pertengahan video si gadis yang diperankan Lee Soo-hyun tampak bahagia dengan laki-laki pujaannya namun di akhir video justru si laki-laki tampak bahagia dengan gadis pujaan hatinya. Ketika melihat video ini awalnya saya sempat syok, terutama ketika saya melihat dari pertengahan hingga akhir video. Tapi saya suka lihat akting Soo-hyun di sini, lucu banget.

sh

Ini waktu Soo-hyun di bis sekolah, ngeliatin cowok pujaannya. Cute banget matanya~

Lagu 200% ini… korea banget. Nggak seperti artis YG pada umumnya, Akdong Musician enggak mengusung genre hip hop di album barunya. Lagu ini cukup easy listening, tapi awalnya saya sempat enggak cocok sama lagu ini. Lagu ini gak bikin saya addicted. Habis dengerin lagu ini kesan saya biasa-biasa aja, saya enggak ketagihan nyetel lagunya lagi atau mendendangkan lirik-liriknya. Saya seperti enggak menemukan sesuatu yang baru dari AKMU, saya rasa lagunya AKMU begini-begini saja dari jaman K-POP STAR sampai sekarang. Video klipnya juga biasa-biasa saja. Mungkin YG berniat menampilkan sesuatu yang baru karena sebelumnya YG selalu menampilkan video-video musik yang meriah dan heboh. Tapi mungkin ya beginilah genre dan video musik yang ditampilkan AKMU. Dinikmati sajalah! Hehe.

Video Give Love ini merupakan lanjutan dari video klip 200%. Lagu Give Love cenderung lebih easy listening dari 200%, tapi masih ada instrumen-instrumen musik dari lagu 200% yang dimainkan di lagu ini. Tidak seperti video 200%, video Give Love ini menampilkan kisah happy ending.

Kalau video di atas adalah video musik Melted. Lagu Melted ini adalah favorit saya diantara ketiga promotional songs di album PLAY. Video klipnya bagus banget, enggak kayak video-video musik K-Pop pada umumnya. Duo kakak-beradik Akdong Musician tidak ditampilkan di video musik tersebut, melainkan orang-orang bule yang tampil berdrama di video tersebut. Video dan lagu Melted menceritakan betapa dinginnya sikap orang-orang dewasa di dunia. Lagu Melted ini bergenre ballad, tapi tidak terlalu mendayu-dayu. Menurut saya Melted adalah yang terbaik diantara ketiga lagu promosi album PLAY dari segi lagu dan video musik.

DO COMMENT

