Shreya Ghoshal & Lata Mangeshkar

latashreya

Kanan: Lata Mangeshkar, kiri: Shreya Ghoshal

Di antara sekian banyak playback singer tersohor asal India, saya hanya kenal Lata Mangeshkar dan Shreya Ghoshal. Kalau saya disuruh mencari tahu nama-nama playback singer lain asal India selain mereka, saya akan tidak sanggup melakukannya.  Lata dan Shreya adalah orang-orang yang sangat menginspirasi saya. Saya suka mendengarkan nyanyian mereka di film-film Bollywood seperti Kabhi Khushi Khabie Gham, Veer-Zaara, Devdas, Rab Ne Bana Di Jodi, dsb. Dan suara mereka ini pas sekali nempel di telinga saya. Terutama suara Eyang Lata Mangeshkar yang meskipun sudah berusia kepala delapan namun masih sangat merdu. Ngomong-ngomong ternyata Eyang Lata ini dulu pernah lho duet sama Rhoma Irama. Eyang Lata berduet dengan Rhoma menyanyikan lagu berbahasa Indonesia. Eyang juga sempat merekam solo lagu dangdut berbahasa Indonesia berjudul ‘Sekuntum Mawar Merah’. Berikut ini adalah sedikit biografi Lata Mangeshkar.

Lata Mangeshkar lahir pada tanggal 28 September 1929 di India. Dia adalah salah satu playback singer asal India yang paling terkenal. Lata memulai karir bermusiknya pada tahun 1942 dan hingga saat ini dia telah merekam ribuan lagu berbahasa Hindi. Lata memiliki 4 adik yang semuanya juga berprofesi sebagai playback singer, yaitu Asha Bhosle, Hridaynath Mangeshkar, Usha Mangeshkar, dan Meena Mangeshkar. Lata Mangeshkar adalah penyanyi dibalik soundtrack film Veer-Zaara, Tere Liye dan soundtrack film Kabhi Khushi Khabie Gham, juga lagu Humko Humise Chura Lo di film Mohabbatein.

Lata Mangeshkar (84)

Lata Mangeshkar (84)

Di bawah ini adalah lagu Kabhi Khushi Khabhie Gham yang dinyanyikan oleh Lata Mangeshkar.

Sebenarnya sometimes saya kalo dengerin suaranya Eyang Lata ini suka ngerasa geli-geli gimana gitu, hehe, tapi anehnya suara Eyang ini selalu berhasil nempel di telinga saya. Suara Eyang Lata ini sangat unik, mendengar suara Eyang saja kita sudah bisa menebak kalau itu suara Eyang.

Lain Eyang Lata, lain Tante Shreya. Tante Shreya Ghoshal ini suaranya lebih melengking daripada Eyang Lata Mangeshkar. Saya langsung ngefans kepada Tante sejak saya mendengarkan lagu Tujh Mein Rab Dikhta Hai, lagu soundtrack film Rab Ne Bana Di Jodi yang dialunkan oleh Tante Shreya. Ini dia lagunya yang versi live, monggo di-play.

Shreya Ghoshal lahir di sebuah keluarga brahmana (pendeta dalam agama Hindu) pada tanggal 12 Maret 1984 di Bengal Barat.  Dia memulai karir bermusiknya setelah ia memenangkan sebuah kontes musik di TV India. Lagu soundtrack pertama yang ia nyanyikan adalah lagu soundtrack film Devdas yang membawanya menang dalam Filmfare Awards kategori playback singer terbaik.  Shreya juga menjadi juri di Indian Idol Junior. Atas dedikasi tingginya terhadap musik, Shreya mendapatkan penghargaan dari gubernur Ohio, Ted Strickland berupa deklarasi bahwa setiap tanggal 26 Juni dirayakan ‘Hari Shreya Ghoshal’.

shreya

She’s really pretty 🙂

Saya sejujurnya kurang tahu tentang apa yang akan saya tulis mengenai Tante Shreya karena saya baru kenal dengan tante cantik ini beberapa hari lalu. Tapi yang jelas buat saya Tante Shreya luar biasa. Suaranya keren dan melengking, juga unik banget. Selain itu dia juga cantik. Saya baru tahu kalau tante ini adalah wanita yang menyanyikan lagu Tujh Mein Rab Dikhta Hai, soundtrack film Rab Ne Bana Di Jodi setelah saya menonton penampilannya di panggung Indian Idol Junior menyanyikan lagu Tujh Mein Rabh Dikhta Hai.  Saya kenal dengan Tante Shreya baru beberapa hari ini sementara saya sudah kenal dengan Lata Mangeshkar selama berbulan-bulan, jadinya saya lebih tahu banyak tentang Lata daripada Shreya, But I love them both! Sama-sama memiliki suara unik dan merdu, tanpa lagu-lagu yang mereka berdua alunkan (terutama tanpa lagu yang dinyanyikan Eyang Lata) pasti film-film Bollywood menjadi datar dan tidak bernyawa. I respect them all!

Advertisements

2 Comments

  1. iman
    Posted September 24, 2015 at 5:28 pm | Permalink | Reply

    artikelnya baguss good

  2. eddi susanto
    Posted March 15, 2015 at 9:06 pm | Permalink | Reply

    Saya sangat menyukai tante shreyaghoshal ketika menyanyikan lagu Na Kuch Poocha
    – Kau tidak bertanya

    Na Kuch Manga
    – Kaupun tidak meminta

    Tune Dil Se Diya Jo Diya
    – Semuanya kau berikan dengan sepenuh hati

    Na Kuch Bola
    – Kau tidak berkata apapun

    Na Kuch Tola
    – Kau tidak mempertimbangkan apapun

    Muskura Ke Diya Jo Diya
    – Semuanya kau berikan dengan senyuman

    Tu Hi Dhoop, Tu Hi Chaya
    – Kau matahariku, Kau bayanganku

    Tu Hi Apna Paraya
    – Kau teman hidupku

    Aur Kuch Na Janu, Bas Itna Hi Janu
    – Dan aku tidak tahu apa apalagi, Selain tahu ini

    Tujh Mein Rab Dikhta Hai
    – Aku melihat tuhan dalam dirimu

    Yaara Mein Kya Karun
    – Sayang apa yang harus ku lakukan

    Tujh Mein Rab Dikhta Hai
    – Aku melihat tuhan dalam dirimu

    Yaara Mein Kya Karun
    – Sayang apa yang harus ku lakukan

    Sajde Sar Jhukta Hai
    – Kepalaku tertunduk dihadapanmu

    Yaara Mein Kya Karun
    – Sayang apa yang harus ku lakukan

    Tujh Mein Rab Dikhta Hai
    – Aku melihat tuhan dalam dirimu

    Yaara Mein Kya Karun
    – Sayang apa yang harus ku lakukan

    Rab Ne.. Bana Di Jodii….
    – Tuhan menciptakan pasangan

DO COMMENT

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: