“Aku Melihat Tuhan Dalam Dirimu…”

47

Bagi para pecinta film Bollywood pasti pernah menonton film yang satu ini. Film ini berjudul Rab Ne Bana Di Jodi, yang artinya Jodoh Dari Tuhan. Film berdurasi 167 menit ini disutradarai oleh Aditya Chopra, putra sulung mendiang sutradara sekaligus pendiri rumah produksi Yash Raj Films, Yash Chopra. Film ini dibintangi oleh Shah Rukh Khan (SRK) yang berperan sebagai Surinder Sahni/Raj dan Anushka Sharma yang berperan sebagai Tania ‘Thaani’ Gupta.

Surinder Sahni adalah pegawai PLN yang sederhana dan pemalu. Ia jatuh cinta kepada Thaani, putri Profesor Gupta, ketika sedang berada di rumah Profesor Gupta untuk menyaksikan acara pernikahan Thaani dan calon suaminya. Namun semuanya berubah setelah Thaani mendapat kabar buruk bahwa rombongan mempelai pria yang akan datang ke rumah Thaani kecelakan dan sang mempelai pria meninggal dunia. Pada saat yang sama ayah Thaani terkena serangan jantung dan harus dibawa ke rumah sakit. Pada ujung kematiannya, Profesor Gupta memberi wasiat terakhir kepada Thaani untuk menikah dengan Surinder, karena Surinder adalah murid favorit sang profesor ketika di perguruan tinggi. Selain itu Surinder juga pria yang sopan, baik, dan pintar, makanya Profesor Gupta memilih Surinder untuk mendampingi Thaani. Akhirnya dengan berat hati Thaani pun menuruti wasiat ayahnya.

Thaani pun dibawa ke Amritsar untuk tinggal bersama Surinder setelah pernikahan dilangsungkan. Sejak kematian calon suami dan ayahnya serta pernikahannya dengan Surinder yang tidak bahagia, Thaani menjadi menutup hatinya untuk siapapun. Ia sudah tidak mampu lagi mencintai siapapun. Surinder, sebagai suami Thaani, selalu berusaha mengubah Thaani menjadi periang lagi seperti dulu, namun selalu gagal karena Thaani tak mampu ‘membaca’ cinta dan perhatian Surinder. Suatu saat, Surinder mencoba menyamar dengan identitas baru bernama Raj dan menjadi partner Thaani di kelas tari, karena Thaani sangat suka menari. Kehadiran Raj (Surinder) membuat Thaani yang awalnya muram menjadi ceria seperti dulu karena kepribadian Raj yang lucu. Thaani mulai menyadari bahwa dirinya menyukai Raj, namun ragu karena dia sudah bersuami. Pada akhir cerita, Thaani akhirnya menyadari bahwa cinta yang dia butuhkan adalah Surinder, suaminya.

Film ini sangat romantis dan mengharukan. Apalagi pas ending-nya.

48

Surinder dan Thaani berdansa di kontes Dancing Jodi.

Di backstage setelah Thaani dan Surinder selesai menari, Thaani bertanya kepada Surinder kenapa Surinder bisa begitu mencintai Thaani. Surinder menjawab pertanyaan Thaani dengan enteng, “Karena aku melihat Tuhan dalam dirimu. Aku bisa saja meninggalkan manusia… Tapi aku tidak bisa meninggalkan Tuhan.” Tidak semua orang bisa mempunyai cinta seperti Surinder dan Thaani adalah salah satu wanita paling beruntung di dunia yang berhasil mendapatkan cinta Surinder. Pada umumnya orang-orang mencintai karena ketampanan atau kecantikan pada seseorang, atau karena status sosial mereka. Tapi tidak untuk Surinder. Dia mencintai karena itulah yang dia rasakan. Dia mencintai dengan hati yang tulus. Cinta Surinder adalah cinta sejati. Bahkan menurut saya, kisah cinta di Rab Ne Bana Di Jodi jauh lebih bagus ketimbang kisah cinta di serial Twilight Saga yang cenderung kacangan dan tidak bermutu. Twilight Saga tidak menonjolkan makna cinta sebenarnya dan Rab Ne Bana Di Jodi mampu menunjukkan hal itu. Karenanya saya berani mengungkapkan bahwa Rab Ne Bana Di Jodi jauh lebih bagus dari Twilight—dari sisi tema dan amanat—tidak dari sisi ketampanan dan kecantikan para aktor dan aktrisnya. Selain itu, akting Anushka Sharma di film Rab Ne Bana Di Jodi sangat bagus, sangat menyentuh dan membuat saya ikut merasakan bagaimana rasanya menjadi Thaani. Selain mengharukan, film RNBDJ juga mampu membuat saya tertawa sekaligus menangis di saat yang sama ketika melihat adegan Surinder bertarung melawan sumo untuk memenangkan tiket liburan ke Jepang. Yeah, intinya film ini sangat bagus dan this is the one you must watch!

Advertisements

DO COMMENT

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: